Iklan

Bhama
20 Desember 2019, 17:50 WIB
Last Updated 2019-12-20T10:50:43Z
Wow

4 Makanan Kadaluarsa yang Masih Bisa Dimakan

Advertisement


Gudnyus.id - Sebelum mengonsumsi makanan, ada baiknya jika kamu perhatikan kadaluwarsanya. Sebab, jika melewati tanggal konsumsi yang dianjurkan, makanan bisa berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan perutmu dan bakan bisa menyebar ke organ-organ lainnya. Terlepas dari bahaya yang menghantui, ada beberapa makanan yang masih bisa kamu konsumsi meski sudah lewat tanggal kedaluwarsa. 

Enggak perlu khawatir sakit perut, makanan ini masih aman kok untuk beberapa waktu ke depan asalkan disimpan dengan cara yang benar-benar cocok banget nih buat anak kost yang jauh dari orang tua, tapi bukan berarti makanan kadaluarsa milik teman kamu, kamu mintain buat dimakan. Nah ini beberapa makanan yang sudah lewat tanggalnya masih bisa dimakan kuy:

1. Pasta

Pasta kering dapat disimpan selama satu hingga dua tahun setelah masa kedaluarsa. Pernyataan ini dibenarkan oleh FoodSafety.gov, situs resmi milik US Department of Health & Human Services Asalkan kamu simpan dalam tempat kedap udara bersuhu ruangan. Produk pasta segar yang sering kamu temukan di lemari pendingin supermarket, dapat dikonsumsi hingga lima hari setelah tanggal kedaluarsa. 

Namun jika dibekukan, makanan tersebut dapat disimpan selama enam hingga delapan bulan. Lalu pasta yang telah dimasak? Masa simpannya hanya berkisar selama tujuh hari di dalam lemari pendingin. Asal nggak kena air. 

2. Roti

Selama belum tumbuh jamur, roti masih boleh kamu makan hingga tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Melansir laman Food Network, roti yang disimpan dalam kulkas atau freezer bisa bertahan hingga dua minggu lo, karena bakteri atau jamur tidak dapat tumbuh dalam freezer namun tektur dan rasanya tidak akan sama dengan roti yang baru kamu beli.

3. Ayam

Daging ayam mentah hanya mampu bertahan selama beberapa hari di lemari pendingin namun  ternyata daging ayam dapat bertahan hingga satu tahun jika dibekukan di dalam freezer. karena
“Bakteri yang menyebabkan keracunan makanan tidak dapat tumbuh di dalam freezer, bahan makanan ini masih aman dikonsumsi.

Namun, makanan yang berada di dalam freezer selama berbulan-bulan, teksturnya akan cenderung kering dan rasanya tidak terlalu enak. Kalau ayam bekumu masih disimpan dalam plastik, ini bisa dipakai hingga dua hari setelah tanggal kadaluwarsanya. Tapi, pastikan ayam nggak berlendir dan mengeluarkan bau amonia, ya!

4. Sereal

Sereal yang masih dalam kemasan dan tertutup rapat dapat bertahan selama enam hingga delapan bulan meski telah lewat masa kedaluarsanya. Apabila sudah dibuka, makanan ini dapat dikonsumsi dalam waktu antara empat sampai enam bulan.

Sebaliknya, sereal yang telah diolah dengan campuran bahan-bahan pelengkap hanya mampu bertahan selama empat hingga lima hari di dalam kulkas. Sereal boleh dimakan hingga enam bulan setelah tanggal kedaluwarsa ,usahakan kemasannya tidak terbuka agar tetap renyah dan lezat ketika dimakan.

Dari makanan diatas cocok banget buat anak kost tapi harus diketahui bahwa makanan diatas harus disimpan ditempat yang benar dan suhu udaranya harus tetap terjaga agar tetap bisa dikonsumsi walau sudah lewat kadaluarsanya. Sebaiknya belilah makanan yang memiliki masa kadaluarsa yang panjang dan aman untuk dikonsumsi ketimbang memakan makanan yang sudah lewat masanya.

Sumber foto: Pexels.com