-->

Iklan

7 Januari 2020, 11:46 WIB
Last Updated 2020-01-07T04:46:51Z
Insight

Ikuti 7 Langkah ini Untuk Memotivasi Kamu Menulis

Advertisement
Ikuti 7 Langkah ini Untuk Memotivasi Kamu Menulis

Gudnyus.id - Kegiatan menulis bukanlah aktivitas yang mudah. Menulis diibaratkan pendakian gunung yang melalui jalan setapak, naik turun bukit, menyebrangi sungai sampai akhirnya berdiri di puncak.

Menulis juga memiliki hambatan dan rintangan yang harus ditaklukan. Naik turunnya motivasi juga bagian dari hambatan dan rintangan yang harus dilewati penulis. Kehilangan motivasi dalam menulis juga akan mempengaruhi penulis dalam merangkai kata dan ide, sehingga otomatis pesan yang ingin disampaikan tidak tersampaikan.

Otak yang beku, hati yang kaku, serta jari-jemari yang lesu tak akan mampu menyampaikan sebuah pesan yang disusun menjadi satu. Untuk itu, kamu harus melakukan tips ini agar tidak terlarut dalam kegundahan dalam menulis.

1. Temukan Tujuan Kamu Menulis
Setiap perjalanan pasti memiliki tujuan, ia hanya menjadikan tujuan itu sebagai pelampiasan lalu kembali pulang. Menulispun memiliki tujuan. Kamu harus paham tujuanmu dari tulisan yang akan kamu buat.

Macet dalam sebuah ide merupakan hal yang lumrah, karena itu bagian dari proses menulis. Dan yang terpenting kamu tidak pernah kehilangan arah dan tujuan dalam tulisan yang ingin kamu sampaikan. Pahamilah setiap maksud tujuan menulismu.

2. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman dan Mendukung
Sebuah tulisan tercipta dari lingkungan yang membuatmu nyaman dan mendukung. Lingkungan itu bisa tercipta dari apa saja, seperti komunitas, atau suasana yang tenang serta yang lainnya.

Jika kamu sudah memiliki lingkungan yang mendukung, mulai untuk menulis dengan mengirim berbagai karya yang bisa dibagikan ke khalayak umum baik itu buletin, media sosial maupun mading sekolah atau kampus.

3. Gabung Ke Komunitas Penulis
Untuk menumbuhkan motivasi menulis, kamu juga harus dilkelilingi orang dengan frekuensi yang sama. Salah satu caranya adalah ikut dalam suatu komunitas literasi atau menulis.

Dengan bergabung dengan komunitas tersebut, kamu akan mendapatkan ilmu yang begitu banyak yang selama ini tidak kamu ketahui. Termasuk trik untuk menumbuhkan motivasi menulis.

4. Cari Suasana yang Berbeda
Bisa tidak munculnya motivasi karena kamu jenuh melihat lingkungan sekelilingmu yang itu-itu saja. Sesekali kamu perlu berpindah untuk menciptakan suasana yang berbeda agar motivasi menulismu tetap terjaga. 

Tidak ada salahnya kamu melakukan traveling atau hanya sekedar duduk di cafe untuk mencari inspirasi serta menumbuhkan motivasi kamu.

5. Lengkapi Bahan yang Dibutuhkan
Penyebab yang bisa jadi turunnya motivasi kamu menulis adalah kurangnya bahan tulisan. Di tengah proses menulis, kamu akan menemuka situasi bahwa literatur serta bahan tulisan kamu sedang tidak lengkap. Hal ini bisa memunculkan rasa malas serta hilangnya motivasi. 

Jangan lanjutkan dulu tulisanmu jika bahan yang akan ditulis sedang tidak lengkap. Kumpulkan dulu seluruh bahan, serta yang lainnya untuk menumbuhkan motivasimu, lalu menulislah kembali.

6. Temukan Kembali Sumber Inspirasi Kamu
Setiap orang memiliki inspirasi dalam setiap aktivitas ia lakoni, termasuk menulis. Inspirasi itu bisa banyak, baik itu fenomena, maupun tokoh. Bacalah setiap sesuatu yang menurutmu itu inspirasimu agar kamu bisa mengambil hikmahnya. 

7. Manajemen Waktu 
Manajemen waktu yang baik bisa membuatmu disiplin menulis. Gunakan waktu yang tepat dalam menulis agar lebih efektif agar target kamu menulis hari itu tercapai.  Jangan terlalu memaksa dan jangan juga terjebak dalam lazy time terus-menerus. 

Motivasi merupakan hal yang begitu mendasar, sehingga diperlukan usahakan yang keras agar itu tetap terjaga. Lakukan 7 hal di atas agar motivasimu tetap terjaga.

Foto: Educenter.id