-->

Iklan

6 Januari 2020, 14:38 WIB
Last Updated 2020-01-06T07:38:26Z
Insight

Kiat Menjadi Penulis yang Sukses

Advertisement

Gudnyus.id - Untuk kamu yang sering mengeluarkan ide dan gagasan ke dalam diksi, penulis adalah cita-cita yang paling cocok. Tidak sedikit juga berkat tulisan, orang tersebut mampu menginspirasi banyak orang. Artinya orang telah sukses menjadi sumber inspirasi bagi orang lain berkat ide, cerita, serta gagasannya di dalam sebuah tulisan.

Menjadi seorang penulis yang sukses bukanlah hal yang datang dengan instan. Banyak suka duka serta rintangan yang bakal kamu lalui. Mulai dari waktu yang terbuang hanya untuk mencari literatur pengetahuan sekaligus menuangkan ke dalam tulisan agar dapat dibaca orang banyak.

Namun, ingatlah bahwa apa yang kamu tuliskan itu mengandung niat mulia untuk mencerdaskan serta menginspirasi orang lain.  Tekad, serta tindakan nyata yang terus kamu dalam kegiatan menulis akan segera menemui hasilnya jika kamu konsisten dalam melakukan kiat-kiat ini.

1. Niatkan menulis dan misi mulia


Untuk memulai sesuatu harus diawali niat yang begitu tulus. Jika segala sesuatu diniatkan, akan bernilai ibadah, termasuk menulis. Jadikan kegiatan literasi yang satu ini menjadi ibadah sehingga niatmu akan semakin kental terasa. Kamu harus yakin apa yang kamu tuangkan di dalam tulisan itu bisa bermanfaat minimal untuk dirimu sendiri.

2. Latihan setiap harinya


Bagi seorang atlet, berlatih setiap hari adalah caranya untuk menajamkan skill dan staminanya. Termasuk menulis, "pratice make perfect", latihan akan membuat kita semakin terasah. Lupakan tulisan kita bagus atau tidak, proses itu harus kamu lalui. Jangan berhenti berlatih. Mulailah dari apa yang  ingin kamu tulis, dan lakukan dengan rutin.

3. Membaca buku setiap minggunya


Rajin membaca adalah salah satu faktor yang membuat orang bisa menuangkan pengetahuannya ke dalam tulisan. Untuk menjadi penulis yang handal memerlukan literatur yang banyak pula, membaca adalah solusinya. Membaca juga dapat menambah wawasan dan membukakan pikiran kita terhadap ide-ide yang akan kita tulis. Mulai saat ini, rajinlah juga membaca

4. Mengamati dan traveling



Ilmu dan pengetahuan tidak hanya didapat dari membaca dan tulisan. Dengan memperhatikan sekelilingmu juga bagian dari menambah wawasan. Banyak hal yang dapat kita perhatikan dan kita sikapi mulai kehidupan sosial, fenomena alam, konflik serta perjalanan hidup pun bisa menjadi sumber referensi. Bisa jadi sumber inspirasi yang kamu dapat justru dari perjalanan dan pengamatan yang kamu lalui.

5. Jangan pernah merasa "Aku hebat"


JANGAN PERNAH ! Itu yang harus kamu tanamkan ke dalam hati dan pikiranmu. Sebuah karya diapresiasi dan mendapatkan penghargaan yang begitu megahnya lantas jangan membuat kita besar kepala. Jadilah tetap pribadi yang sederhana tak goyah oleh pujian.

6. Catatlah setiap mimpimu

Tulislah setiap mimpimu, dan yakinlah. Itu bisa menjadi pengingat sekaligus penyemangat untuk kamu tetap di jalan kesuksesan. Jangan pernah ragu. Mencatat setiap mimpi juga akan membuat apa yang kita kerjakan lebih tertarget.

7. Tahan banting dan terus mengirim ke penerbit

DON'T GIVE UP!  Menyerah adalah hal memalukan serta fatal. Tidak ada hasil yang didapat secara instan. Coba terus, penulis yang sukses tak lepas dari namanya penolakan. Jatuh bangun merupakan bagian dari kesuksesan. Jika para penulis terkenal terdahulu menyerah, pasti kita tidak akan menikmati karya-karyanya yang ada saat ini.

Fiersa Besari, Buya Hamka, Andrea Hirata, Asma Nadia, dan penulisa terkenal lainnya yang tidak disebutkan satu persatu mengalami semua proses di atas. Kamu pun demikian jika ingin berdiri di level mereka.

Lewati semua kiat dan proses itu, terkenal atau tidaknya kamu bukanlah hal utama. Tapi bagaimana tulisanmu mampu bermanfaat dan kamu meniatkannya selalu untuk kebaikan. Raihlah mimpimu !