-->

Iklan

Bhama
17 Februari 2020, 11:15 WIB
Last Updated 2020-02-17T04:15:48Z
Insight

Kontruksi Makna Fashion Hijab Kekinian

Advertisement

Gudnyus.id - Blog yang merupakan perkembangan teknologi media baru (new media) dimanfaatkan oleh para Moslem Fashion Blogger untuk mengekspresikan gaya berbusana muslim sebagai suatu trend fashion yang berperan dalam perkembangan fashion moslem di Indonesia.

Menurut pengamatan Ibrahim (2007: 207), fenomena perkembangan moslem fashion merupakan suatu tranformasi sosial yang menarik, pergeseran selera dan gaya muslim(ah) dalam berbusana mulai menjadi bagian dari industri fashion sejak akhir 1990an dengan “kekayaan semiotis” fashion muslim bagaimana cara, corak, asesoris dan gaya muslim(ah) berpakaian.

Fenomena perkembangan moslem fashion di Indonesia dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari dimana tren penggunaan hijab di kalangan masyarakat muslimah semakin meningkat. Perkembangan industri hijab dan moslem fashion saat ini di Indonesia dapat terlihat di kota-kota besar di pulau Jawa. 

Bandung sebagai salah satu pusat mode perkembangan hijab di Indonesia, dimana disetiap sudut kotanya dapat ditemui berbagai macam galeri hijab dan kawasan khusus dalam mengembangkan industri hijab fashion di sepanjang kawasan Jalan Buah Batu kota Bandung. Bermacammacam tren hijab fashion seperti keberagaman model, keberagaman warna, keberagaman motif dan keberagaman padu-padan gaya hijab im(ah) berpakaian.  


Kreasi gaya hijab yang terlihat disetiap galeri hijab di kota Bandung banyak menonjolkan keunikan berbagai macam bentuk fashion dalam hijab. Keberagaman gaya hijab mulai dari pakaian dengan potongan kain yang berbentuk asimetris, berbagai bentuk scarf segi empat dan pashmina dengan motif yang beragam seperti motif flowers, animal print, tie dye, etnik, polkadot serta motif lainnya yang semakin menarik dengan  pemilihan warna yang segar dan tentunya tambahan aksesoris dengan berbagai macam bentuk yang cantik

Gaya hijab pada masa sekarang telah menjadi bagian penting dalam industri fashion di Indonesia, hal ini pula yang membuat pemakaian hijab tidak lagi menjadi suatu pertimbangan yang berat bagi muslimah dalam memutuskan untuk berhijab. 

Terlebih lagi saat ini penggunaan hijab telah marak di kalangan artis, para artis yang memutuskan menggunakan hijab sudah tidak merasa takut lagi akan sepinya kontrak kerja, sebut saja para artis yang menggunakan hijab seperti Dewi Sandra, Lyra Virna, Risty Tagor, dan Inneke Kosherawati mendapat banyak tawaran kontrak kerja dan bahkan menjadi brand ambasador berbagai produk yang menonjolkan sisi kecantikan dan kepercayaan diri mereka dalam berhijab. 


Tren busana muslim yang telah memasuki kepopulerannya, dimana  perkembangannya salah satunya didukung oleh maraknya blog yang membahas mengenai fashion moslem. Dalam Hendroyono (2013: 13), menyatakan bahwa transformasi terbesar yang dihadapi umat manusia di abad 21 adalah revolusi dari ‘atoms’ ke ‘bits’, bits is the killer app.

Banyak korban berjatuhan karenanya: Borders dikalahkan oleh Amazon, toko CD dikalahkan oleh iTunes, penerbit dikalahkan oleh Lulu.com, layanan interlokal dikalahkan oleh skype, ensiklopedia britanica dikalahkan oleh wikipedia, koran dan majalah dikalahkan oleh blog. 

Blog memiliki peranan penting dalam perkembangan tren busana muslim di Indonesia. Maraknya pemanfaatan media blog dikarenakan blog merupakan sarana media baru yang lebih efektif dan efisien. 

Banyak muslimah yang menjadikan blog sebagai media mengekspresikan gaya dalam berbusana muslim sebagai suatu trend fashion dan turut menunjukkan eksistensi mereka sebagai muslimah yang berperan serta dalam perkembangan moslem fashion di Indonesia. 

Kegiatan yang dilakukan oleh Moslem Fashion Blogger bertujuan agar para pembaca blog tersebut mendapatkan referensi mengenai gaya berbusana muslim untuk kemudian menarik para pembaca blog agar meniru tren busana muslim yang dipaparkan oleh pemilik blog. 

Satu hal yang membuat pembaca blog tertarik biasanya karena setiap blogger dikelola oleh orang yang berbeda yang tentunya memiliki selera fashion yang berbeda pula dalam menggunakan gaya hijab. 

Seperti yang diungkapkan oleh Cassandra Dini Prasasti yang merupakan salah satu Moslem Fashion Blogger dan merupakan anggota Hijabers Community Bandung (Wawancara dengan Cassandra Dini Prasasti pada tanggal 19 Maret 2014): “Hijab fashion di Indonesia sudah terjadi pergeseran makna, kalau dulu cuma untuk menutup aurat tapi sekarang dianggap tren dan makna yang ada di hijab itu sendiri sedikit pudar.

Menjadikan blog sebagai media hijab, aku mau nunjukin kalau hijab dulu dan hijab sekarang tetap mempunyai makna sebagai penutup aurat tapi dapat dimix dengan style yang menarik dan memiliki ciri khas dari si blogger tersebut”

kesimpulannya Pemahaman Moslem Fashion Blogger mengenai hijab fashion di Indonesia dinilai sebagai tren positif dan tren negatif adanya pergeseran makna. Moslem Fashion Blogger memiliki beragam motif dalam menggunakan blog sebagai media komunikasi mengenai hijab fashion yang terdiri dari motif atraksi, motif inspirasi, dan motif eksistensi. 

Moslem Fashion Blogger mendapatkan pengalaman dalam menggunakan blog sebagai media komunikasi mengenai hijab fashion, dimana merasa mengalami perbedaan ketika belum dikenal sebagai blogger dan ketika telah menjadi blogger.

Pengalaman setelah menjadi blogger yakni Moslem Fashion Blogger merasa mendapatkan wawasan mengenai perkembangan hijab fashion di Indonesia dan juga merasa memiliki konsep diri yang baik dan lebih terkonsep dalam menyampaikan konten mengenai hal apa yang ingin dibagi dalam blog. 

Selain itu, pengalaman setelah menjadi blogger yakni Moslem Fashion Blogger merasa lebih dikenal, karya hasil mereka lebih dihargai dan juga mendapatkan profesi yang berkaitan dalam industri hijab serta mendapatkan produk-produk hijab dan memperlihatkannya dalam konten blog. Hijab fashion di Indonesia memberikan banyak manfaat dalam perkembangan pemakaian busana muslim di Indonesia. 

Terlepas dari beragam hal positif yang didapat karena perkembangan hijab fashion, ternyata tidak terlepas pula dari pandangan skeptis mengenai muslimah yang menggunakan busana muslim secara perlahan menghilang dan sekarang terbentuk kelas sosial tersendiri dan hijab fashion sudah menjadi bagian dari gaya hidup muslimah pada era modern ini.

Blog memberikan kemudahan bagi muslimah untuk saling berinteraksi dan menginspirasi dalam semua hal yang berkaitan dengan keindahan muslimah dalam menutup aurat dan juga berbagi pengalaman mengenai Islam. 

Sumber:
KONSTRUKSI MAKNA HIJAB FASHION BAGI MOSLEM FASHION BLOGGER 
Ade Nur Istiani,  Universitas Lampung 
Foto: Pexel.com