-->

Iklan

Bhama
13 Maret 2020, 16:58 WIB
Last Updated 2020-03-13T09:58:00Z
Insight

3 Manfaat Gadget untuk Perkembangan Si Kecil

Advertisement

Gudnyus.id - Perkembangan teknologi memang sulit sekali untuk dibendung, khususnya gadget alat ini selalu ada dimana-mana dan sepertinya semua orang memiliki dan menggunakannya. Apakah hal ini baik untuk si kecil, kemunculan gadget sangatlah membantu.

Namun taukah kamu bahwa gadget memiliki dampak positf dan negatif, Untuk Bunda yang memiliki si kecil jangan terlalu khawatir karena gadget dapat membatu tumbuh kembang sikecil, mau tau apa manfaat gadget bagi si kecil? yuk kita bahas dibawah

1. Si Kecil Akan Lebih Cerdas Memilih Informasi
Dengan terbiasa menggunakan gadget, Si Kecil terbiasa mendapatkan banyak informasi dalam sekali klik. Dengan begitu Kedepannya ia diharapkan akan lebih mahir dalam memilah informasi yang ia butuhkan.

Sering menghadapi pertanyaan si kecil mengenai dari mana datangnya air, kenapa ada hujan atau kenapa buah bisa mimiliki rasa seperti manis atau asam? bunda bisa mencari aplikasi yang bisa menjelaskan beberapa pertanyaan si kecil dengan jawaban yang bisa di mengerti olehnya, yang biasanya di tampilkan dalam bentuk gambar dan cerita atau lainnya.

Namun harus tetap ada batasnya, jika dilakukan berlebihan tentu banyak kerugian yang ditimbulkan. Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget akan membuat si kecil malas bergerak dan dapat memicu obesitas, terlalu lama menatap gadget dapat membuat mata perih dan paparan radiasi nya merugikan untuk kesehatan. Ketika memilih aplikasi atau game untuknya, bunda terlebih dahulu melihat rating dan bunda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum bunda memberikan pada si kecil.

2. Membantu Merangsang Keterampilan Motorik Si Kecil
Keterampilan motorik adalah kemampuan yang berkaitan dengan gerakan otot-otot tubuh seperti bibir, lidah, tangan, dan kaki. Keterampilan motorik si kecil ini ternyata bisa dilatih lewat permainan edukasi yang tersedia dalam gadget.

Saat memegang smartphone atau tablet, si kecil akan melibatkan koordinasi mata dan gerakan jari-jari tangannya untuk membuka aplikasi sampai berhasil memainkan game. Ia akan mengikuti arahan kursor saat bermain, menekan tombol kanan atau kiri, atau menunjuk benda-benda yang diinginkan. Hal ini membuktikan bahwa secara tidak langsung, kehadiran gadget dapat melatih kemampuan motorik si kecil di masa pertumbuhannya.

3. Membantu Melatih Cara Berpikir Dan Cepat Mengambil Keputusan
Para ahli sepakat bahwa perkembangan teknologi yang ada saat ini ternyata dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif si kecil dengan lebih cepat dan lebih baik. Keterampilan kognitif adalah kemampuan yang berkaitan dengan cara berpikir, mengingat, membuat rencana, hingga pemecahan masalah.

Saat ini sudah banyak media interaktif, video game, atau program edukatif lainnya yang dapat merangsang kemampuan berpikir buah hati bunda, contoh pada permainan puzzle, anak dirangsang untuk fokus dan mencari cara menyusun potongan-potongan gambar yang di acak menjadi satu gambar yang utuh. Permainan yang seperti inilah yang dapat merangsang cara berpikir si kecil untuk memecahkan masalah agar dapat terus melaju ke level selanjutnya. 

Banyak hal positif yang ditimbulkan oleh adanya teknologi khususnya gadget yang dapat membantu tumbuh kembangnya buah hati anda, namun agar tepat pada maksud dan tujuan bunda harus mengawasi dan memberikan sesuai porsinya, pahami pula dampak negatif yang ditimbulkan, jangan biarkan dia sendiri. 

foto: pexels.com