-->

Iklan

gudnyus
15 Maret 2020, 14:48 WIB
Last Updated 2020-03-16T07:53:43Z
Info

4 Tahun Rudi-Amsakar, GEN: Wirausaha Muda Makin Banyak

Advertisement

Gudnyus.id - Selama empat tahun memimpin Kota Batam, kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam telah banyak menorehkan banyak prestasi.

Ketua Harian Generation of Entrepreneur (GEN), Prawira Riwandatama menilai Walikota Batam tidak hanya sukses membangun infrastruktur Batam semakin modern, namun juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya wirausaha muda di Batam.

"Saat ini kami melihat jumlah wirausaha muda di Batam semakin banyak. Jumlah anggota GEN saja yang anggota berusia 16-30 tahun dan aktif berwirausaha kini telah mencapai lebih dari 100 orang. Di luar GEN tentu masih banyak dan kami terus mendatanya," ungkap Wira.

Menurutnya, bidang usaha yang dijalani anak muda Batam sangat beragam, mulai dari kuliner, fashion, kriya dan IT. Apalagi di era industri 4.0 ini, pelaku usaha kreatif semakin tumbuh di Batam. Bila pelaku usaha itu mendapatkan binaan dari pemerintah kota, Wira meyakini mereka akan semakin besar dan berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi kota Batam.

"Untuk membina anak-anak muda yang berwirausaha ini butuh dukungan berbagai pihak. Bahkan untuk di pemerintah kota Batam saja bisa melibatkan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Beruntung sinergitas ini sudah mulai muncul di Batam," jelas dia.

Batam diyakini menyimpan banyak peluang dan daya dukung untuk menciptakan banyak wirausaha muda. Diungkapkan Wira, beberapa kendala yang dihadapi anak muda ketika berwirausaaha adalah lemahnya kemampuan manajemen usaha, pemasaran dan akses untuk mendapatkan permodalan.

“Ke depan dengan sinergi semua pihak, GEN ingin menjadi wadah untuk pendampingan anak-anak muda yang merintis usaha agar bisa naik kelas menjadi pebisnis besar sehingga makin banyak menciptakan lapangan kerja,” pungkasnya.