Iklan

Bhama
13 Maret 2020, 16:55 WIB
Last Updated 2020-03-13T09:55:46Z
Insight

5 Aturan Main Gadget Untuk Anak-Anak

Advertisement

Gudnyus.id - Teknologi tak ada habisnya untuk berinofasi bahkan hal yang tadinya sukar dipercaya kini sudah terbukti nyata, begitu banyak teknologi yang sudah ditemukan, dikembangkan, dan diproduksi massal, salah satunya adalah gadget, tidak berhenti sampai disitu saja gedget pun memiliki beragam macam bentuk dan keunggulannya tersendiri.

Namun dibalik itu semua ada dampak positif dan negatif , hal ini sangat membuat seorang ibu khawatir terhadap dampak yang diberikan gadget pada anak-anaknya apalagi yang masih dibawah umur. Ett Tenang saja bunda gadget itu baik kok asalkan bunda :

1. Berikan Batasan Waktu untuk Bermain Gadget.
Jika Buah hati bunda sudah cukup umur untuk diberi gadget, bunda tetap harus memberikan batasan waktu. Karena untuk anak usia di bawah lima tahun, batasi penggunaan gadget untuk tujuan rekreatif hanya 1 jam per hari. Sementara untuk usia 5 tahun ke atas, batasi menjadi 2 jam per hari. Jangan  membiarkan anak main gadget terlalu lama sehingga berisiko membuat si kecil jadi kecanduan.

Bagi sebagian orang tua banyak yang berfikir dari pada anak saya ketinggalan zaman, lebih baik saya berikan gadget terserah dia mau diapain dan berapa lama dia gunakan namun yang salah dari ini adalah bunda tidak memberikan batasaan waktu si kecil bermain. 

Para ahli punya pemahaman kalau memang pakai gadget untuk tujuan edukasi, boleh saja. Yang dibatasi adalah gadget dipakai untuk santai atau rekreatif seperti main game. Kecanduan gadget sudah pasti akan terjadi bila tidak ada batasan yang jelas, tapi ketidak tegasan orang tua juga berpengaruh besar pada kebiasaan bermain gadget si Kecil.

Untuk itu, Mama perlu membuat aturan tegas tentang waktu, durasi, serta tempat yang diperbolehkan untuk sikecil bermain gadget, biasakan disiplin dengan aturan yang dibuat, agar si Kecil juga bisa membatasi diri saat bermain gadget.

2. Awasi buah hati bunda saat bermain gadget.
Orang tua perlu mendampingi dan berinteraksi secara langsung dengan anak saat bermain gadget. Hal ini amat penting agar si kecil tidak salah memilih tontonan atau konten yang dilihat. Interaksi dengan orang tua saat bermain gadget bisa mendukung tumbuh kembang si kecil dan meningkatkan bonding.

Pada lima tahun pertama, aktivitas fisik dan interaksi memainkan peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Kalau itu kita gantikan dengan gadget, pengaruhnya banyak banget. Gadget boleh saja dikasih, tapi tetap harus ada interaksi dengan orang tua (dalam penggunaannya).

Selain itu Bunda dalam mengawasi si kecil bermain gadget janganlah terlalu keras dalam menegur namun berilah pengertian agar sikis si kecil tidak merasa tertekan, jangan pula si kecil bermain gadget bunda pun ikut bermain gadget, biasakan untuk bunda tidak bermain gadget di depan si kecil.

3. Pilihkan konten yang baik dan mendidik sesuai usia tumbuh kembangnya.
Bunda gadget memang bisa jadi sarana belajar bagi si kecil. Contohnya jika bunda beri tontonan yang berisi dialog, konten itu bisa membantu perkembangan bahasa dan bicara si kecil. Anak juga bisa mempraktikkan banyak keterampilan dari video yang ia lihat di gadget.

Hal itu tentu bisa semakin mengasah kreativitasnya. Gadget dan internet ibarat pasar yang menawarkan jutaan produk. Konten positif yang bagus dan mendidik tentu banyak tersedia, tapi pasti tetap saja ada konten yang berbahaya dan dapat merusak. 

Karena alasan inilah, bunda harus pandai-pandai dan bijak dalam memilih konten aplikasi yang akan diberikan pada si Kecil. Akan lebih baik lagi apabila bunda tidak hanya memberikan aplikasi permainan, namun juga konten yang bisa membantu perkembangan kemampuan motorik dan kognitifnya. Sebelum mengunduh, bunda jangan lupa untuk terlebih dahulu untuk melihat ulasan dari pengguna yang sudah mencoba, agar yakin 100% bahwa konten tersebut aman untuk si kecil. 

4. Berikan Aturan dalam penggunaan gadget.
Bunda tetap harus memberikan peraturan dalam penggunaanya contihnya: dilarang bermain gadget pada zona terlarang! bunda bisa tetapkan beberapa zona terlarang di dalam rumah, seperti kamar tidur, ruang makan dan kamar mandi.

Jika si kecil menggunakan gadget di zona terlarang, beri hukuman dengan tegas seperti tidak memperbolehkan dia bermain gadget selama beberapa hari. Selain agar Si Kecil tidak ketergantungan dengan gadget, aturan ini dibuat agar bunda bisa mengawasinya menggunakan gadget dengan mudah.

Supaya adil dan lebih mudah dipatuhi Si Kecil, bunda juga harus memberikan contoh dengan meninggalkan gadget saat memasuki zona terlarang. Dengan begitu si kecil akan mengikuti, ajarkan pula si kecil untuk tidak bermain gadget saat sedang berkomunikasi dengan orang lain.

5. Perhatikan Umur dan fokuskan pada tujuaan Bunda memberikan gadget.
Gadget memang bisa membuat si Kecil tetap sibuk, sehingga bunda bisa mengerjakan hal lain, tapi bukan itu tujuan utama memberikan gadget pada si Kecil? Jadi bunda harus selalu ingat dan fokus pada tujuan penggunaan gadget sebagai media untuk mendidik dan membantu tumbuh kembang. Dengan begitu, si Kecil jadi tahu kalau gadget bukanlah sumber permainan, tapi alat bantu belajar yang mendidik dan menyenangkan.

Agar manfaat gadget sebagai sarana edukasi anak bisa tercapai, bunda sebaiknya menunggu hingga si kecil berusia 2 tahun ke atas. Pemberian gadget pada anak usia 18 bulan ke bawah tidak disarankan oleh para ahli. Karena di usia tersebut anak sebaiknya lebih banyak bermain dengan hal-hal yang bisa menstimulasi syaraf sensorik dan motoriknya.

Hal itu penting untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Anak usia di bawah 18 bulan para ahli menyarankan tidak usah diberikan. Untuk fungsi edukatif dan rekreatif, seperti nonton dan main game para ahli menyarankan mulai usia 2 tahun ke atas. Di bawah usia itu harus dipakai dengan orang tua misalnya untuk video call.

Bunda boleh saja memberikan gadget asalkan sesuai dengan yang diuraikan diatas, bukan berarti bunda memberikan gadget agar si kecil sibuk dan bunda bisa mengerjakan hal lain, akan tetapi jadikan gadget sebagai alat tambahan untuk membantu tumbuh kembang si kecil, gadget itu baik asalkan masih dalam pengawasan bunda.

Jangan biarkan si kecil bermain sendiri. Si kecil akan melihat apa yang dilakukan orang tuanya apabila orang tuanya memperlihatkan yang baik maka si kecil akan mengikuti begitu pula sebaliknya. Jadi bunda jangan takut untuk mengenalkan dan memberikan gadget pada si kecil

Foto: pexels.com