-->

Iklan

9 Maret 2020, 11:15 WIB
Last Updated 2020-03-09T04:15:54Z
Insight

Fotografi Sebagai Media Pengembangan Seni Visual

Advertisement

Gudnyus.id - Dunia seni saat ini khususnya seni visual telah mengalami banyak perubahan salah  satu perubahan itu adalah  perkembangan dalam  media. Berbagai media seni yang muncul selama ini yang sedikit banyak telah memperkaya serta mempengaruhi perkembangan seni visual. Dalam perkembangannya seni dan teknologi adalah dua sisi yang saling melengkapi dalam perjalanan peradaban manusia.

Dua pelaku dalam perjalanan peradaban ini, yaitu ilmuan dan perupa adalah dua sisi yang berbeda namun sama-sama melakukan terobosan untuk peradaban manusia, apa pun kepentingan dan sudut pandangnya. Untuk dapat menghasilkan sebuah karya seni bernilai tinggi dan indah, diperlukan pengetahuan mengenai prinsip-prinsip estetik,  konsep ekspresi,  pengetahuan bahan, dan teknik. Hal tersebut bisa dibuat salah satunya dengan menggunakan teknologi canggih untuk membuat suatu karya seni.

Salah satu media yang merupakan gabungan dari kedua elemen  itu adalah fotografi. Fotografi mulai dikembangkan pada awal Abad ke 19. Tujuan awal fotografi adalah membantu proses pembuatan karya seni lukis. 

Prinsip dasar fotografi adalah  cahaya, alat optik, dan media perekam. Foto dapat berfungsi sebagai bukti ilmiah, bernilai berita, dokumen, karya seni, dan arsip kehidupan. Foto juga merupakan alat visual yang kongkret karena dapat memvisualisasikan sesuatu yang direkam dengan lebih realistis dan akurat. 

Fotografi merupakan media seni yang memiliki kelebihan tersendiri dibanding media seni lainnya. Foto dapat kita gunakan untuk  membuat sesuatu yang tadinya biasa saja menjadi sebuah karya visual yang berbeda dan menarik.

Layaknya cabang seni lainnya, fotografi juga memperhatikan berbagai hal seperti aspek teknis dan dukungan perlatan, yang juga diperkaya dengan adanya ekspresi, makna, dan fungsi. Bidikan dalam aktivitas memotret merupakan  sebuah  proses perekaman  objek yang ada di sekitar fotografer untuk menghasilkan karya visual yang menarik. 

Sebuah karya foto dapat dikatakan sebagai karya seni  jika di dalamnya tidak hanya sekadar menampilkan gambar saja, namun juga harus dilandasi dengan gagasan/ pikiran terhadap gejala yang ditangkap oleh seorang fotografer ke dalam bentuk yang artistik. 

Bagi kamu yang hobi fotografi, terus asah kemampuanmu agar karyamu semakin dikenal dan bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sumber : 
FOTOGRAFI TAK LAGI SEKADAR ALAT DOKUMENTASI
Arif Ardy Wibowo
Foto : pexels.com