Iklan

28 Maret 2020, 11:50 WIB
Last Updated 2020-06-20T06:37:17Z
InsightLiterasi

Inilah Manfaat Suka Makan Pisang

Advertisement

Gudnyus.id - Pisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Tanaman ini kemudian menyebar ke Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. 

Pisang merupakan buah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Buah ini menjadi  konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Indonesia memiliki kurang lebih 200 jenis pisang yang tersebar di seluruh penjuru pulau.

Beberapa pisang yang sering dikonsumsi orang indonesia antara lain pisang ambon (Musa paradisiaca S.), pisang tanduk (Musa paradisiaca fa. orniculata.) dan pisang tongka langit (Musa troglodytarum L.).

Banyak masyarakat tidak tahu manfaat buah pisang secara farmakologis karena minimnya sosialisasi kepada masyarakat terkait manfaat pisang. Hal ini membuat masyarakat cenderung lebih memilih untuk sekedar memakan buahnya saja.

Manfaat pisang yang sering dikonsumsi ini harus dianalisis lebih lanjut guna memberikan edukasi kepada masyarakat. Berdasarkan studi literatur dari hasil penelitian terdahulu didapatkan kesimpulan bahwa pisang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat di luar daging buah yang sering dikonsumsi. 

Pisang adalah buah yang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, besi, fosfor, dan kalsium, mengandung vitamin A, B6 dan C serta mengandung serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter untuk kecerdasan otak. Penyerapan zat besi pada buah pisang hampir 100% dapat diserap oleh tubuh, jika dibanding dengan makanan nabati lainnya. Berdasarkan berat kering buah pisang per 100 gram kadar zat besi mencapai 2 mg dan zat seng 0,8 mg.

Buah pisang juga memiliki banyak manfaat. Kandungan yang terdapat dalam pisang antara lain vitamin A, vitamin B (Thiamine, Riboflavin, Niacin, vitamin B6, Folic Acid), vitamin C, Kalsium, Magnesium, Besi, dan Seng. Dengan demikian pisang juga merupakan salah satu bahan pangan yang mampu meningkatkan gizi masyarakat.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh
Berikut ini adalah sederet manfaat pisang bagi kesehatan tubuh Kamu :

  • Sebagai sumber energi yang baik saat beraktivitas fisik atau olahraga.
  • Membantu otot-otot bergerak dengan baik.
  • Membantu mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Pisang juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.
  • Menangkal efek kerusakan sel dan jaringan tubuh, manfaat pisang yang satu ini terkait dengan kandungan antioksidan pada pisang.
  • Meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal.
  • Manfaat Pisang Bagi Pencernaan.

Manfaat pisang ternyata penting juga bagi pencernaan. 

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan :

  • Kamu sedang sakit perut? Cobalah atasi dengan mengonsumsi pisang karena salah satu manfaatnya dapat membantu meredakan masalah pencernaan. Manfaat pisang yang mengandung serat dan berbagai nutrisi ini, sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
  • Cocok sebagai pelengkap program diet. Pisang adalah buah yang mengandung serat. Makanan berserat bisa memperlambat proses pencernaan. Hasilnya, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan membuat Anda dapat makan lebih sedikit.
  • Mengatasi konstipasi. Berlaku khusus untuk konsumsi pisang yang sudah matang. Tapi hati-hati karena efeknya akan berbalik jika Anda mengonsumsi pisang yang masih hijau alias belum matang.
  • Pisang yang belum matang merupakan sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang ada di usus besar, dan dengan demikian akan meningkatkan sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.
  • Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayur dan buah, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga terkait dengan kandungan serat dan antioksidan pada pisang.

Cara Mengonsumsi Pisang dengan Sehat
Pisang yang sudah matang bisa langsung disantap atau diolah menjadi berbagai jenis makanan camilan. Menurut para ahli, pisang bisa menjadi camilan manis yang lebih sehat ketimbang biskuit.

Tapi ingatlah untuk hindari mengonsumsinya dengan cara digoreng, seperti menjadikannya pisang goreng atau pisang molen. Menggoreng bisa mengubah manfaat pisang menjadi merugikan, karena justru berisiko menghilangkan kandungan nutrisinya dan meningkatkan kadar lemak jenuh, yang bisa menyebabkan Anda terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Jadi bagaimana cara mengolah pisang agar kebaikan yang terkandung di dalamnya dapat bertahan? berikut contohnya

  • Dijadikan sebagai jus atau smoothie. Anda bisa menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya.
  • Campur irisan pisang dengan oatmeal. Agar lebih bernutrisi, Anda bisa menambahkan buah-buahan lain atau kacang almond.
  • Pisang yang telah dihaluskan juga bisa dicampur ke adonan kue bolu. Selain bisa menambah cita rasa, kue bolu buatan Anda juga bisa menjadi lebih bernutrisi.
  • Mengoleskan selai kacang pada pisang juga bisa menjadi pilihan yang sehat.

Untuk mendapatkan deretan manfaat pisang yang telah disebutkan di atas, imbangi dengan pola hidup sehat dan mengonsumsi pisang dengan cara yang bijak.

Sumber : 
KARAKTERISTIK DAN MANFAAT TUMBUHAN PISANG 
Hisban Hamid Arifki; Melisa Intan Barliana 
Foto :eatthis.com