Iklan

Bhama
11 Maret 2020, 10:59 WIB
Last Updated 2020-03-11T03:59:32Z
Insight

Makanan Murah Peningkat Imun Tubuh Di Tengah Penyakit

Advertisement

Gudnyus.id - Akhir-akhir ini dunia digemparkan dengan adanya virus corana atau Koronavirus sindrom pernapasan akut berat 2 atau SARS-CoV-2 adalah salah satu anggota koronavirus yang mengakibatkan infeksi pernapasan COVID-19. Virus ini untuk pertama kali teridentifikasi di Kota Wuhan, Tiongkok dan menyebabkan wabah COVID-19.

Virus ini dikenal sebagai koronavirus Wuhan dan virus pneumonia pasar makanan laut Wuhan atau (Wuhan seafood market pneumonia virus). Genom virus telah diurutkan berdasarkan Pperbandingan urutan genetik antara virus ini dan sampel virus lain yang menunjukkan tingkat kesamaan dengan SARS-CoV sebesar 79,5% dan koronavirus kelelawar sebesar 96%. Beberapa teori telah menyimpulkan bahwa virus ini berasal dari kelelawar. 

Penularan dari virus ini terditeksi dari manusia ke manusia di di Guangdong, Tiongkok. Beberapa laporan menyatakan bahwa virus telah bersifat infeksius bahkan ketika dalam masa inkubasi Para ilmuwan telah meneliti angka reproduksi dasar (R0) yang dimiliki virus ini.

Dalam epidemiologi, angka ini menunjukkan jumlah infeksi baru yang diakibatkan oleh setiap orang yang terinfeksi. Salah satu penelitian mengatakan bahwa orang yang terinfeksi dapat menyebarkan virus ini ke 3 hingga 5 orang. Penelitian lain memperkirakan R0 sebesar 1,4 hingga 3,8. Selain itu, virus ini diketahui mampu menular dalam rantai infeksi sebanyak empat orang.

Seluruh negara sedang gencar melakukan boikot dan pembatasan gerak kepada warga negaranya dan juga warga negara lain agar virus ini tidak meluas, akan hal itu alangkah baiknya kamu meningkatkan anti bodi kamu dengan olahraga, istirahat yang cukup, serta mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh kamu. Kuy kita bahas dibawah makanan apa saja yang dapat meningkatkan imun tubuh kamu.

1. Jeruk, dan Lemon
Bagi kamu penyuka buah, beruntunglah dengan manfaatnya yang luar biasa. Vitamin C yang ada pada jeruk dan lemon berfungsi sebagai antioksidan, dan mampu menangkal radikal bebas, mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, serta mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit tertentu.Mulailah menjadikan ketiga buah ini sebagai asupan tambahan sehari-hari.

2. Kiwi
Secara natural kiei mengandung banyak nutrien seperti folat, vitamin K, vitamin C, dan lain-lain. Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih untuk memerangi infeksi. Selain itu kandungannya juga membantu seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

3. Bawang Putih
Bawang putih bermanfaat untuk memerangi infeksi, menurunkan tekanan darah, dan memperlambat pengerasan pembuluh darat. Kandungan allicin pada bawang puyih meningkatkan kekebalan tubuh.Selain itu bawang putih juga didukung dengan antioksdian yang tinggi, fosfor, seng, potassium, dan kalsium. Senyawa-senyawa tersebut bisa membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Senyawa aliicin yang membuat aroma khas, sangat bermanfaat melawan penyakit pilek/flu dan infeksi lainnya. Hal ini dapat sebagai obat alami yang memperkuat daya tahan tubuh kita dan keluarga.Mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur, ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti flu, pilek, batuk, dan radang tenggorokan.

4. Bawang Bombai
Kandungan vitamin, zat besi, fosfor, dan berbagai senyawa berkhasiat lainnya yang ada pada bawang-bawangan dapat mengatasi berbagai macam permasalahan dalam tubuh. Hasil dari penelitian R. Akrami, Effects of Dietary Onion (Allium Cepa) Powder On Growth, Innate Immune Response And HematoBiochemical Parameters Of Beluga, Fish & Shellfish Immunology, menunjukkan bahwa bubuk bawang bombai dapat menjadi peningkat dalam pertumbuhan, parameter hematologi, dan fungsi kekebalan tubuh remaja.

Mulailah dikonsumsi dengan mencampurkan bawang bombai mentah dalam salad sayur, memperbanyak bombai dalam masakan tumis, sup ayam bawang bombai, dan berbagai makanan lezat berkhasiat lainnya.Bagi Anda yang alergi terhadap bawang, bisa mengonsumsi makanan peningkat sistem imun yang lainnya.

5. Jamur
Seperti yang telah disebutkan oleh pihak WHO mengenai daging yang harus dimasak sampai matang. Jamur bisa menjadi alternatif pengganti rasa daging yang nikmat. Sensasi jamur yang diolah biasanya memberi rasa seperti ayam kecap atau daging.

Jamur bersifat antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium. Sehingga jamur sangat baik bagi tubuh, kemudian mengelola cairan tubuh, mempercepat metabolisme, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan pastinya menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Paprika Merah
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa paprika merah dan cabai, dua kali leih banyak kandungan vitamin C dari pada buah jeruk. Paprika merah juga kaya akan beta karoten yang membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Cara mengonsumsinya, tentu membuat sambal dan bisa juga menumis paprika merah bebarengan dengan sayur lain.

7. Cabai merah
Begitu juga cabai merah sama dengan paprika dua kali leih banyak kandungan vitamin C dari pada buah jeruk. Paprika merah juga kaya akan beta karoten yang membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

8. Jahe
Macam makanan peningkat sistem kekebalan tubuh berasal dari bahan dapur, yaitu jahe, kenapa jahe?. Karena jahe memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan karena terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

Mulai mengonsumsi jahe dengan menjadikannya campuran dalam secangkir teh hangat, wedang ronde, dan merebus jahe bersama serai dan gula jawa. Pasti memberikan sensasi nyaman nan hangat, menyegarkan dan menyehatkan.

9. Madu
Macam makanan peningkat kekebalan tubuhlainnya ialah madu. Selain manis di mulut, manis juga khasiatnya. Madu mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk meredakan batuk, menjaga tenggorokan tidak kering, dan menghilangkan dahak. Manfaat madu selanjutnya, berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

10. Kacang Almond
Kandungan vitamin E yang terdapat pada almond bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu porsi atau sebanyak 46 biji almond setara dengan kebutuhan harian terhadap vitamin E.

11. Brokoli
Sayuran ini termasuk makanan sumber berbagai vitamin dan mineral. Brokoli juga mengandung banyak antioksidan dan serat. Untuk mempertahankan kandungan yang menyehatkan itu, jangan masak brokoli terlalu matang.

12. Bayam
Manfaat utama bayam adalah kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten. Semuanya ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Mirip seperti brokoli, bayam juga akan terasa manfaatnya apabila tidak dimasak terlalu matang.

13. Kunyit
Rempah kuning ini dapat mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Penelitan menunjukkan bahwa kandungan curcumin membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

Gimana untuk hidup sehat itu sebenarnya tidaklah susah hanya tinggal bagaimana tubuh dan kamunya saja, ditambah lagi makanan dan lain-lainnya mudah sekali dilakukan, ditemui, dan dibeli. Mulailah hidup sehat sekarang juga jangan pernah tunggu menunggu, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Foto: Pexels.com