-->

Iklan

Bhama
10 Maret 2020, 12:05 WIB
Last Updated 2020-03-11T05:10:16Z
Insight

Sayangi Anak, Jauhkan HP Saat Menyusui

Advertisement

Gudnyus.id - Bagi sebagian manusia mungkin akan sulit melepaskan diri dari perangkat gadget apalagi handphone.tapi taukah kamu bahwa memainkan terlalu lama, meletakkan handphone tidak pada tempatnya akan sangat berbahya, khususnya bagi kamu para ibu muda yang sedang menyusui. Akan sangat berbahaya bagi perkembangan sang buah hati kamu lohh, Kok bisa? yuk kita bahas dibawah

1. Risiko Paparan Radiasi
Ponsel sangatlah berbahaya bagi bayi karena memancarkan radiasi dan bayi bisa menyerap radisi yang bisa merusak DNA dan sel-sel di otaknya. Akibat hal itu, bayi bisa terkan kanker serta penyakit lainnya. 

Karena menurut WHO (World Health Organization), radiasi ponsel adalah karsinogen kelas 2B yang sama dengan timbal, bahan bakar jet, dan DDT. Maka dari itu kamu selaku ibunya harus bisa menjauhkan handphone kamu dari bayi selama menyusui. Jangan korbankan kesehatan bayi demi kebahagian kamu bermain ponsel.

2. Bayi Tidak Mendapatkan Perhatian
Jika bayi sudah terbiasa tidak lagi mendapat perhatian penuh saat menyusui karena sang ibu terlalu sibuk bermain dengan ponselnya, kelak ketika sudah besar si anak akan cenderung mencari perhatian pada orang lain, bukan pada ibunya sendiri.

3. Menghambat Kontak Mata
Penelitian menunjukkan bahwa kontak mata antara sang ibu dan anak selama 6 bulan pertama sangat penting untuk memperkua ikatan dan untuk mengsinkronkan emosi antara ibu dan anak yang bisa meningkatkan keterampilan belajar dan komunikasi demi masa depan sang buah hati. Jika kamu sang ibu terlalu sibuk bermain ponsel saat menyusui, maka semua hal diatas tidak akan diraih justru akan berakibat buruk pada anak kamu nantinya.

4. Perhatian Bayi Teralihkan
Menyusui seharunya menjadi momen bonding ibu dan bayi sehingga ikatan emosional keduanya menjadi lebih kuat, namun bila kamu sibuk dengan ponsel maka perhatian bayi akan terlaihkan pula kepada ponsel kamu, gimaan tidak? bayi kamu akan melihat fokus yang ibunya lihat kemanapun itu karena rasa keinginan taunya 

5. Menghambat Aliran Oksitosin
Dampak negatif lain yang ditimbukan ibu bermain ponsel saat sedang menyusui si Kecil adalah dapat menghambat hormon oksitosin. Hormon oksitosin diproduksi lebih cepat dari hormon prolaktin, bahkan hormon ini dapat bekerja sebelum bayi mulai mengisap.

Hormon oksitosin mampu membuat saluran ASI lebih lebar dan membuat ASI mengalir lebih mudah. Tak hanya berfungsi saat menyusui, hormon oksitosin juga berperan dalam kontraksi rahim ibu pasca melahirkan hal ini sangat berguna untuk mengurangi perdarahan dan membantu mengembalikan kondisi rahim pasca melahirkan.

Gimana tuh, masih maukah kamu bermain ponsel sembari menyusui? kasihan bayi kamu dapat tergangu kesehatannya, dan lebih parahnya bisa menyebabkan kanker pada bayi kamu loh. Mulai sekarang kurangi bermain ponsel sembari menyusui, hal ini demi kesehatan dan tumbuh kembang buah hati.

foto: freepik.com