-->

Iklan

gudnyus
5 Juni 2020, 16:00 WIB
Last Updated 2020-06-20T06:27:34Z
BP BatamInfoKabar Baik

Keramba Ikan Hingga Perkebunan Jadi Temuan Tim Patroli ATA BP Batam di Waduk Duriangkang

Advertisement

Gudnyus.id - Tim Patroli Area Tangkapan Air (ATA) Direktorat Pengamanan (Ditpam) Aset dan Fasilitas dan Lingkungan (Fasling) BP Batam melakukan kegiatan patroli rutin di Kawasan Hutan Lindung Duriangkang, pada Kamis (4/6/2020).

Patroli dipimpin langsung Koordinator Pengamanan Waduk Duriangkang Ditpam BP Batam, Pius Sega bersama Asisten Manajer Bendungan dan Daerah Tangkapan Air BU Fasling BP Batam, Mai Roby Firnanda.

Pius Sega mengatakan dalam patroli dan penertiban ini, pihaknya masih menemukan aktivitas illegal yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab. Dua lokasi menjadi target penertiban dalam patroli kali ini.

"Di depan Perumahan Nusa Indah daerah Bukit Kemuning ditemukan aktivitas illegal yang membuat keramba ikan dan menggarap lahan untuk dijadikan perkebunan. Sedangkan pada lokasi kedua, yaitu di depan Pintu 1 Perumahan Bida Ayu yang ditemukan 5 pondok dan perkebunan," ungkap Pius.

Tim Patroli melakukan penertiban dengan langsung memusnahkan di tempat, dengan membabat tanaman dan membuka saluran air dari kolam agar mengalir, dan merobohkan pondok-pondok tersebut.

"Tim Patroli juga memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian di kawasan hutan lindung Daerah Tangkapan Air Duriangkang, karena waduk merupakan satu-satunya sumber air di Pulau Batam," jelas dia.

Direktur Pengamanan Aset BP Batam Brigjen Pol. Mohammad Badrus, telah menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di seluruh hutan lindung daerah tangkapan air waduk karena melihat semakin kritisnya kondisi Daerah Tangkapan Air Waduk di Batam.

"Kami mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas illegal di daerah tangkapan air waduk, karena hal ini dapat merusak ketahanan waduk sebagai satu-satunya sumber air di Batam," pesannya.