Bapakguru
10 Januari 2021, 07:24 WIB
Last Updated 2021-01-13T07:37:50Z
BatamKepri

Gerakan Kepri Tanpa Radikalisme Gelar Deklarasi dan Diskusi Menikmati Indahnya Toleransi

Advertisement


Gudnyus.id  – Gerakan Tanpa Radikalisme (KTR) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tajuk Menikmati Indahnya Toleransi (9-1-2021). Diskusi tersebut diselenggarakan di Hotel Travelodge, Batam dari pukul 12.00 hingga 16.00 WIB.

Diskusi tersebut menghadirkan para narasumber yang pada bidangnya masing-masing fokus pada isu toleransi dan radikalisme diantaranya Dr. Muhammad Zainuddin, S Si., M. Sd, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT). Kemudian Dr. Drs. I Wayan Catra Yasa, M.M dari Forum Kerukunan umat beragama (FKUB), lalu ada Rahmad Budi Harto, S.E., M.M. yang merupakan ketua Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Anshor Kepri.



Selain mengadakan diskusi, Gerakan Kepri Tanpa Radikalisme yang merupakan pelaksana kegiatan juga melakukan deklarasi.

“Gerakan ini merupakan upaya imunitas kepada bangsa kita terhadap penyakit radikalisme dan intoleransi yang terlalu banyak membuang waktu dan tenaga kita. Padahal waktu dan tenaga kita dapat kita gunakan untuk hal-hal yang jauh lebih membangun, ” Demikian yang disampaikan Saiful, Penggagas KTR sekaligus Ketua Panitia FGD dalam sambutannya.


Gerakan Kepri Tanpa Radikalisme digagas oleh pemuda di Kepri  atas keprihatinan terhadap radikalisme dan intolerasi semakin memburuk. Gerakan ini menjadi solusi baru yang lebih mengutamakan meluruskan kesalah pahaman publik terhadap radikalisme dan toleransi.

“Masalah terbesar saat ini adalah salah pehamanan kita semua akan makna radikalisme, juga toleransi kita yang tidak berdasarkan panduan keyakinan kita masing-masing. KTR berusaha meluruskan salah paham ini dan merangkul sebanyak-banyaknya pihak untuk bersinergi melawan radikalisme dan intoleransi,” ujar Abdullah Affandy, penggagas KTR lainnya.