gudnyus
26 Juli 2021, 22:55 WIB
Last Updated 2021-07-26T15:55:10Z
Literasi

5 Sumber Pendanaan Startup Untuk Menjadi Unicorn dan IPO

Advertisement

 
 

Gudnyus.id - Persoalan keuangan merupakan faktor utama yang menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan (Startup) karena pada umumnya semua Startup dimulai dengan pendanaan yang tidak besar.

Pendanaan pada Startup sangatlah penting maka perlunya diketahuin nilai pada suatu perusahaan. Valuasi adalah salah satu hal yang tidak luput dari dunia Startup.
Menurut Turner “Valuasi merupakan suatu aktivitas yang berusaha untuk mencapai tujuan dengan cara melakukan prediksi atas hasil yang akan di capai”.

Berikut beragam sumber pendanaan Startup menurut Anis Uzzaman:

1. Keluarga atau Teman
Startup membutuhkan modal dalam jumlah kecil, keluarga atau teman dapat dijadikan sebagai sumber pendanaan yang pertama, yang pasti tetap harus membahas syarat dan ketentuan terkait hal ini dengan serius, termasuk ketentuan pelunasan.

2. Crowdfunding
Crowdfunding adalah model pendanaan baru dengan menggalang dana dari sejumlah besar pengguna atau penggemar. Dengan menggalang sejumlah kecil dana dari banyak orang, Startup akan bisa mencapai jumlah akhir dana yang diinginkan.

Meski jumlah crowdfunding individu relatif kecil, dengan mengumpulkan sejumlah orang yang ingin berinvestasi, Startup dapat mendapatkan jumlah dana yang diinginkan. Ini merupakan keuntungan utama crowdfunding.

3. Angel Investor
Angel Investor adalah orang-orang kaya yang bersedia mendanai Startup yang baru dirintis. Angels memberikan investasi dalam jumlah beragam, mulai dari beberapa ribu sampai berapa puluh ribu dolar AS.

4. Inkubator (Akselerator)

Inkubator adalah organisasi yang menyediakan program untuk kesuksesan sebuah Startup dan coworking space. Coworking space adalah ruang perkantoran tempat pekerja mandiri seperti entrepreneur, programmer lepas, dan desainer web saling berbagi.

Tujuan utamanya bukan sekedar menyewakan ruang perkantoran, melainkan sebagai sebuah tempat komunitas yang sinergis tempat para entrepreneur penggunanya bisa mengembangkan jejaring mereka dan menghasilkan ide-ide baru.

5. Venture Capital
Menurut Andreas Sanjaya, Venture Capital atau biasa disingkat VC merupakan elemen yang tidak bisa dilepaskan dalam dunia Startup. Keberadaan mereka adalah salah satu bagian penting ekosistem Startup sebuah daerah atau negara, selain foundernya, market, regulasi, atau infrastruktur.

Jadi kalau kamu lebih memilih investor yang mana untuk mengembangkan start up yang sedang kamu rintis?