gudnyus
26 Juli 2021, 16:09 WIB
Last Updated 2021-07-26T09:09:00Z
Literasi

Implementasi Cloud Gaming

Advertisement

 

Gudnyus.id - Implementasi dari game client dari cloud gaming juga bisa dibagi menjadi beberapa pendekatan. Pendekatan pertama adalah sebagai aplikasi client umum yang ada pada sebuah komputer atau perangkat berlayar lainnya.

Pendekatan ini telah diimplementasikan oleh CIINOW dimana pemain cukup meng-install client application pada perangkat yang pemain miliki seperti komputer, tablet atau smartphone.

Pendekatan kedua adalah dengan meluncurkan perangkat khusus yang dihubungkan ke monitor atau televisi. Pendekatan ini yang telah dilakukan oleh OnLive dengan OnLive Game System.

Meskipun OnLive telah memiliki client installer untuk versi komputer, mereka menawarkan sebuah perangkat khusus game cloud untuk mempermudah bagi pemain yang memang belum terbiasa memainkan permainan digital.

Pendekatan terakhir adalah dengan mengimplementasikan cloud gaming pada teknologi yang sudah umum ada pada komputer sehingga pemain tak lagi repot meng-install client pada komputer mereka.

Hal tersebut telah diimplementasikan oleh GaiKai yang telah berhasil menggunakan web browser sebagai client dari cloud gaming yang mereka kembangkan.

Layanan cloud gaming ini pun tidak hanya ada dari luar negeri seperti stadia milik google cloud gaming, Indonesia juga menghadirkan pula layanan tersebut. Dimulai dengan Skygrid, yang kemudian disusul oleh Telkom dengan GameQoo.

Penulis: Dodick Zulaimi Sudirman S.Kom., M.T.I., Cloud Gaming Masa Depan Industri Game