gudnyus
12 Agustus 2021, 21:19 WIB
Last Updated 2021-08-12T14:19:28Z
Kabar Baik

Halo Startup Batam! Jom Ikut, Program 1000 Startup Digital Kembali Hadir

Advertisement


Gudnyus.id - Program Gerakan 1000 Startup Digital dari Kemenkominfo kembali digelar di Batam, setelah sebelumnya digelar di tahun 2020 lalu yang terbilang cukup sukses dengan menghasilkan 10 bibit startup baru.

Program yang bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi melalui startup digital lokal ini telah berlangsung selama 5 tahun, dimulai di tahun 2016 hingga saat ini telah berhasil menciptakan lebih dari 1200 startup baru di seluruh indonesia.

Program ini sendiri ditargetkan dapat membawa Indonesia selangkah lebih dekat ke arah perwujudan mimpi Indonesia Negara Digital.

Tahun ini program 1000 startup digital di batam menargetkan lebih banyak lagi pendaftar dan juga menghasilkan startup yang berjalan untuk menyumbang kemajuan ekonomi digital dan juga memperkuat ekosistem digital di Batam dan Kepri secara umum.

Hingga bulan agustus, tim 1000 startup digital batam telah melaksanakan 8 online roadshow berkerja sama dengan kampus kampus di batam dan kepri untuk sosialisasi program dan telah merencanakan lebih banyak roadshow lagi di kepri.

Hal ini bisa terjadi berkat dukungan kampus dan juga komunitas seperti GEKRAFS Kepri, HIPMI PT KEPRI, FORBIS KANSA, Podcast Waii, Perusahaan seperti Nongsa Digital Park, Startup lokal seperti Raja Ikan dan Parakerja, dan tidak ketinggalan dukungan dari Pemko Batam.

Ory Dwiputra selaku salah satu Regional Officer program ini juga mengatakan sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak pihak lainnya untuk mensukseskan program ini di Kepri.

"Program ini juga terbuka bagi siapa saja yang ingin mempelajari cara membangun sebuah startup, pelajar, pegawai, ibu rumah tangga bahkan pemilik UMKM dan jangan takut akan asumsi bahwa memiliki startup harus mengerti tentang programming aplikasi," ujarnya.

Stephane Siburian selaku Ketua Gekrafs Kepri berpendapat bahwa startup sama saja dengan bisnis lainnya, bedanya di startup ada faktor teknologi untuk mempercepat pertumbuhannya.

"Masyarakat batam yang ingin belajar startup dapat menggunakan kesempatan ini untuk belajar dan membangun usaha startupnya tanpa dipungut biaya apapun mulai dari bulan ini," ajak Stephane.