gudnyus
24 November 2021, 08:38 WIB
Last Updated 2021-11-24T16:39:33Z
Ragam

Satgas Nasional Kunjungi Polresta Barelang, AKBP Junoto Ungkap Kunci Keberhasilan Batam Atasi Covid-19

Advertisement


 Gudnyus.id -  Kapolresta Barelang Kbp Yos Guntur, SH, SIK, MH yang diwakili oleh Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, SIK menerima Kunjungan satuan Tugas (Satgas) covid-19 Nasional bertempat di Aula Anindhita Lantai 2 Mapolresta Barelang, Selasa (23/11).

Rombongan Tim gugus Tugas Covid-19 Pusat yakni Brigjen Pol (Purn) Drs. Hartono, Psikolog, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Z, Noveri Maulana, S.I.Kom, M.M., PCEL, Muhammad Iko Dwipa, Shitta Aspendira, Iftias Ramadhanti.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk berdiskusi terkait peranan Polri dalam penanganan Covid-19 di Kawasan Industri di Wilayah Hukum Polresta Barelang.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, SIK menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran satgas nasional Covid-19 dan melaporkan penanganan covid-19 di kota Batam, khususnya dalam menyambut natal dan Tahun baru 2022 yang statusnya akan dinaikkan kembali menjadi level 3.

"Kami di kota Batam Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat sangat mengangkat kebersamaan, bahu membahu dalam menangani covid-19 dengan melaksanakan berbagai upaya seperti operasi yustisi, vaksinasi, baksos, apa yang menjadi kendala kami kumpulkan dan kami laporkan ke Walikota. Covid bukan hanya masalah keamanan dan penyakit namun menjadi masalah ekonomi juga," ungkap AKBP Junoto, SIK.

Brigjen Pol (Purn) Drs. Hartono, Psikolog, mengapresiasi Polresta Barelang yang telah menjalin kerjasama berbagai pihak dalam penanganan covid-19 serta telah melaksanakan tugas di luar tugas pokok seperti Testing ,Tracing, dan Treatment (3T).

"Kami dari satgas pusat mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan, bahwa kita sudah bekerja mulai dari bulan maret 2020, sehingga kalau dihitung sudah 20 bulan, selama ini selain kita mengemban tugas pokok kepolisian kita mempunyai keterampilan baru yaitu terkait dengan 3T (Testing ,Tracing, Treatment).

Ia menjelaskan covid-19 mengakibatkan perilaku orang berubah, bertambahnya pengangguran, bertambahnya anak yatim, bertambahnya perceraian sehingga menjadi masalah sosial yang harus diselesaikan bersama.

"Kita tidak mungkin bekerja sendiri maka kita harus menggandeng unsur yang lain, yakni pelaku bisnis, industri yang terkait dengan covid, dan bagaimana caranya kita bekerjasama dengan masyarakat," pesannya.

 



Sementara itu Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Z mengatakan tujuan kedatangan tim ke Batam merupakan kelanjutan dari sosialiasi di Kawasan Industri Batamindo.

"Sekarang hanya melakukan kunjungan ke pabrik-pabrik untuk memantau apakah di pabrik sudah menerapkan protokol Kesehatan yang ketat. Selama kami kunjungi alhamdulillah 30 perusahaan sudah melakukan prokes dengan baik," jelas dia.

Selama libur natal dan tahun Baru ini nantinya pemerintah akan menerapkan kebijakan PPKM Level 3 di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini demi menjaga kembali meningkatnya penyebaran Covid-19 ketika mobilitas masyarakat semakin tinggi.

"Kita Harus Kerja Keras. Sebagai Aparat Negara harus patuhi kebijakan pemerintah. Kita sama-sama kawal kebijakan pemerintah agar tidak terjadi kasus ketiga saat tahun baru ini," Ucap Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Z.

Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, SIK pun mengatakan pihaknya siap untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat dan mendukung kesuksesan penerapan kebijakan pemerintah pusat dalam penanganan covid-19.

"Kerjasama semua pihak dalam penanganan Covid-19 merupakan kunci dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di indonesia Khususnya di Kota Batam,” tutup Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, SIK.